Akibat enggan berpuasa



Puasa pada bulan Ramadhan adalah merupakan salah satu rukun Islam, Allah Taala berfirman..

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.
maka barangsiapa diantara kamu melihat bulan itu (Ramadhan), hendaklah ia berpuasa"
(QS. Al-Baqarah: 183-187).

Dari Abu AbdirRahman Abdullah ibnu Umar ibnul Khaththab Radhiallahu Anhu berkata: Aku telah mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sallam bersabda: Islam dibangun diatas lima perkara: Bersaksi bahwa tidak ada sembahan yang hak selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, menunaikan haji dan puasa pada bulan Ramadhan. (HR. Bukhari dan Muslim).

Alasan tidak berpuasa

Dalam riwayat Muslim: puasa pada bulan Ramadhan dan menunaikan haji.

Kaum muslimin telah berijma (bersepakat) bahwa puasa pada bulan Ramadhan hukumnya adalah wajib dan barangsiapa mengingkarinya maka ia kafir.

Puasa Ramadhan ini diwajibkan pada tahun kedua hijriyyah, maka Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sallam sempat berpuasa selama sembilan kali Ramadhan. (Majalis Syahr Ramadhan, karya Syaikh Utsaimin hlm 21 dan setelahnya).

Setiap orang Islam yang telah baligh lagi berakal maka wajib atasnya berpuasa pada bulan Ramadhan. (Fushul Fi Ash-Shiyam wa At-Tarawih wa Az-Zakah, Ibnu Utsaimin hlm 5).

ANCAMAN BAGI ORANG YANG MEMBATALKAN PUASA RAMADAHAN DENGAN SENGAJA TANPA UDZUR SYAR'I

Dari Abu Umamah Al-Bahiliy Radhiallahu Anhu berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sallam bersabda :
"Ketika aku sedang tidur, datanglah dua orang pria lalu memegang dua lenganku membawaku ke satu gunung yang kasar (tidak rata), keduanya berkata : "Naiklah.
Aku jawab: "Aku tidak mampu.
Keduanya berkata: "Kami akan memudahkannya untukmu".
Lalu akupun naik hingga ketika aku sampai ke puncak gunung, ketika itulah aku mendengar suara yang keras. Akupun bertanya : "Suara apakah ini .
Mereka menjawab: "Ini adalah teriakan penghuni neraka.
Kemudian keduanya membawaku, maka ketika aku melihat orang-orang yang digantung dengan kaki diatas, mulut mereka rusak/robek, darah mengalir dari mulut mereka, aku bertanya: "Siapakah mereka . Dia menjawab : "mereka adalah orang-orang yang berbuka sebelum halal puasa mereka (sebelum tiba waktu berbuka)." (HR. An-Nasa'i, Ibnu Hibban dan Al-Hakim dengan sanad sahih. Shifat Shoum Nabi, Salim Al-hilali dan Ali Hasan hlm 25)



Sumber : FB dan Ini

6 Comments

Assalamualaikum..terima kasih sebab singgah, komen yang baik2 ja tau !! nanti sha singgah blog korang..In Sha Allah :)

  1. aduhhh takutnya
    semoga sama2 kita menginsafi ..

    ReplyDelete
  2. terima kasih utk peringatan ini Sha..
    akak terpaksa puasa 1/2 day jer setiap hari sebab tak tahan bila mengandung ni.. pening sangat.. kalau dah lapar memang termuntah la jawabnya..

    ReplyDelete
  3. takut..mg kita dijauhkan dan bberpuasa dgn ikhlas kerana Allah

    ReplyDelete
  4. takut....semoga kita sama2 mengingati...supaya berpuasa..

    ReplyDelete
  5. takutnya....moga kita ikhlas keranaNYA

    ReplyDelete

Post a Comment

Assalamualaikum..terima kasih sebab singgah, komen yang baik2 ja tau !! nanti sha singgah blog korang..In Sha Allah :)

Previous Post Next Post